Bupati Blitar : “Festival Durian Sebagai Apresiasi Petani Durian di Sumberasri, Nglegok Blitar”


Blitar – Bupati Blitar Rijanto membuka festival dan bazar durian khas Blitar yang di gelar di Lapangan Desa Sumbersari, Kecamatan Nglegok, Kabupaten Blitar, Sabtu (8/2/2020).

Sebanyak 9000 buah durian berbagai macam varietas asli dari Desa Sumberasri ludes diserbu masyarakat Blitar dan daerah sekitarnya. Selain itu, berbagai olahan makanan dan minuman berbahan durian bikinan warga desa. Bahkan berbagai jenis bibit durian unggul dijajakan disini.

Sebagai wujud apresiasi dan dukungan pemerintah daerah, Blitar Rijanto datang menghadiri acara ini. Bupati datang mengunjungi satu persatu stan yang menjual durian dan menyapa pedagang dan warga yang sedang membeli.

“Alhamdulillah hari ini Festival Durian Desa Sumberasri bisa digelar lagi, akan tetapi untuk tahun ini khusus durian dari Sumberasri. Jadi Durian yang kita hadirkan disini adalah dari petani-petani durian asli Sumberasri. Tentu saya sangat mengapresiasi kegiatan yang digelar masyarakat Desa Sumberasri bisa mengadakan festival durian ini dalam ketiga kalinya.” ungkap Bupati.

Menurut Bupati, kegiatan ini sangat baik yakni tidak lain untuk mengenalkan varietas durian lokal unggulan di Kabupaten Blitar. Berbeda dengan yang digelar dua tahun yang lalu. Kali ini durian didatangkan dari berbagai daerah, sedang tahun ini durian dihadirkan khusus durian khas Desa Sumberasri.

“Durian khas Sumberasri ini manis, ada pahitnya sedikit. Durian yang enak setahu saya seperti ini,” ujarnya.

Dia berharap festival durian Desa Sumberasri ini bisa menjadi agenda rutin tahunan. Dengan begitu bisa menjadi icon desa bahkan icon daerah. Sehingga nantinya bisa mengangkat perekonomian desa dengan potensi duriannya ini.

“Jadi nanti kalau warga luar kalau ke Blitar pasti mencari durian Sumberasri. Maka dari itu pemerintah mendorong agar budidayanya dilestarikan. Karena di daerah Kecamatan Nglegok tanahnya cocok bila ditanami durian, alpukat, nanas dan rambuatan,” pungkas bupati.

Sebagai wujud syukur atas terselenggaranya festival durian ini, digelarlah tumpengan durian. Dalam tumpengan ini ada berbagai hasil bumi seperti petai, nanas, buah naga, dan yang utama adalah durian. Kemudian tumpeng tersebut diperebutkan oleh warga yang hadir.

Info Update Penyebaran Covid19 Di Dunia