Cek Kesiapan Destinasi Wisata Di Kabupaten Blitar, DISPARBUDPORA Sosialisasikan SOP NEW NORMAL

DISPARBUDPORA.BLITARKAB.GO.ID, Blitar – Persiapan menjelang new normal sektor pariwisata di Kabupaten Blitar terus dimatangkan. Kali ini Dinas Pariwisata Kebudayaan Kepemudaan dan Olahraga (Disparbudpora) Kabupaten Blitar mengecek langsung kesiapan destinasi, serta mengasosiasikan penerapan tatanan normal baru produktif dan aman covid 19.

Kepala Dinas Parbudpora Kabupaten Blitar, Suhendro Winarso mengatakan, Sosialisasi dan pembinaan pelayanan pariwisata menuju era new normal ini ditujukan untuk mengecek kondisi destinasi wisata di masa pamdemi serta kelayakan masing-masing destinasi menghadapi new normal.

“Jadi kita ingin mengecek langsung sekaligus bersilaturahmi di tiap destinasi untuk mengsosialisasikan SOP new normal. Selain itu, kita dari dinas juga membagikan angket pada pengelola untuk mengetahui secara riil kondisi tiap destinasi ditengah pandemi Covid-19 ini,” jelas Suhendro, Selasa (16/6/2020).

Menurutnya, tataran new normal dipastikan juga akan merubah beberapa pola pariwisata. Seperti pengaturan cara masuk wisatawan ke suatu destinasi wisata. Nantinya, pelaku usaha pariwisata dan pengunjung harus mematuhi protokol kesehatan penanganan Covid-19 saat berada di kawasan wisata.

“Saat ini kita masih pada masa pra kondisi new normal. Disisi lain, Peraturan Bupati untuk new normal ini kan masih dalam proses pengkajian. Perbub itu nanti tidak hanya di sektor pariwisata, tapi seluruh sektor diantaranya perekonomian, perdagangan, perhubungan, dan pariwisata menjadi bagian dari itu. Nantinya disitu juga ada SOP untuk destinasi wisata, kuliner, travel dan penginapan seperti apa akan diatur dalam Perbub itu,” paparnya.

Dari hasil pengecekan dan sosialisasi itu nantinya akan ada verifikasi dari Dinas Parbudpora maupun Gugus Tugas Penanganan Covid-19 Kabupaten Blitar untuk menentukan kelayakan di masing-masing destinasi.

narasumber dari disparbudpora dan dinkes kab blitar

“Jadi nantinya akan ada verifikasi baik dari Parbudpora maupun Gugus Tugas penanganan Covid-19 dan OPD terkait, apakah destinasi itu layak atau tidak sesuai dengan SOP di Perbub. Jadi destinasi juga akan diwajibkan untuk menerapkan protokol kesehatan yang telah ditentukan sesuai SOP,” jelas Suhendro.

Dia menegaskan, saat ini penerapan era new normal masih dalam tataran persiapan. Saat ini Pemkab Blitar masih terus mengupayakan status daerah Kabupaten Blitar bisa benar-benar menjadi zona hijau dan siap menerapkan new normal sesuai ketentuan pemerintah pusat.

“Kita belum tahu apakah kapan pemerintah pusat mengijinkan Blitar untuk new normal. Namun demikian kita tetap persiapan, sembari mengajak masyarakat menerapkan pola hidup sehat dan tetap mengikuti anjuran dari pemerintah. Nanti ketika Blitar diijinkan untuk new normal maka kita telah benar-benar siap,” tegas Suhendro.

Dia berharap, tiap destinasi wisata tetap bersiap menyongsong era new normal sesuai dengan SOP dan protokol yang telah disosialisasikan. Pemkab Blitar ingin agar pengelolaan wisata di era new normal nanti tidak memunculkan klaster baru Covid-19.

“Dengan langkah-langkah yang kita upayakan ini harapannya kita bisa mempersiapkan dunia pariwisata ini lebih cermat dan meminimalisir kesalahan. Dengan harapan ketika pariwisata sudah bergulir jangan sampai, kita tidak ingin terjadi ada berita misalnya muncul klater baru di destinasi wisata. Itu sangat merugikan, maka kita antisipasi jauh-jauh hari sebelumnya,” tandasnya.

Info Update Penyebaran Covid19 Di Dunia