Bupati Blitar Ikut Serta Dalam Melestarikan Pesisir Pantai Dengan Penghijauan Dan Penanaman Pohon Di Pantai Bukit Indah

Blitar – Bupati Blitar Rijanto memimpin kegiatan penghijauan dan penanaman pohon di kawasan Pantai Bukit Indah, Desa Kaligambir, Kecamatan Panggungrejo, Kabupaten Blitar, Rabu (12/2/2020).

Dalam kegiatan tersebut Bupati Blitar hadir dengan didampingi oleh Kepala Dinas Pariwisata Kebudayaan Kepemudaan dan Olahraga (Disparbudpora) Kabupaten Blitar, Suhendro Winarso bersama jajarannya, beberapa OPD di lingkungan Pemerintahan Kabupaten (Pemkab) Blitar, jajaran Muspika Kecamatan Panggungrejo dan pegiat lingkungan dan masyarakat.

Kehadiran Bupati disambut baik oleh warga sekitar Desa Kaligambir. Kegiatan penghijauan tersebut diharapkan dapat menjaga kelestarian dan keasrian kawasan Pantai Bukit Indah.

Pada kesempatan tersebut Bupati menyampaikan, penghijauan ini merupakan suatu bentuk kesadaran diri dan kepedulian kita untuk menjaga serta melestarikan lingkungan. Menurutnya, Pantai Bukit Indah merupakan salah satu pantai yang memiliki potensi wisata yang cukup bagus dan harus dijaga kelestariannya.

“Alhamdulillah hari ini saya bisa berkunjung ke Desa Kaligambir dan berkesempatan mengunjungi Pantai Bukit Indah yang mana pantai yang kita datangi ini adalah pantai yang memiliki potensi wisata cukup bagus. Hari ini kita diajak untuk melakukan penghijauan secara simbolis sehingga kalau nanti ini tumbuh dengan baik maka penghijauan ini akan menambah kecantikan Pantai Bukit Indah,” kata Bupati.

Dari kegiatan penghijauan kawasan pantai ini Bupati berharap, kedepan dengan adanya potensi wisata pantai yang bagus seperti ini nantinya bisa berkembang dengan baik. Hal itu tentunya harus diawali sejak saat ini. Mulai dari kegiatan penghijauan diharapkan dapat diimbangi dengan pengelolaan dan penataan wisata yang baik.

“Potensi wisata di Pantai Bukit Indah ini sangat luar biasa. Dan diharapkan bisa berkembang lebih baik lagi mana kala kita imbangi dengan pengelolaan baik, mulai dari pokdarwis, kemudian Dinas Pariwisata dan tentunya semua stageholder pariwisata yang ada di Kabupaten Blitar” jelas Bupati.

Orang nomor satu di Kabupaten Blitar tersebut mengingatkan, saat ini pembangunan Jalur Lintas Selatan (JLS) tengah dalam masa pengerjaan. Oleh karena itu pengelolaan pantai harus segera ditata, agar nantinya ketika pengerjaan telah selesai kawasan wisata pantai sudah siap untuk dikunjungi.

“Perlu diingat bahwa saat ini Jalur Lintas Selatan sudah mulai dibangun. Dengan panjang yang melewati Blitar 67,4 Km dan ada 22 jembatan. Apabila jalur lintas Selatan sudah jadi, dan lintas siripnya sudah dibangun maka akses pariwisata akan teebuka dan wisata pantai akan lebih mudah diakses Saya sebagai Bupati bersama dinas terkait akan terus mendampingi, para pegiat wisata, nelayan dan juga petani agar lebih baik lagi,” tuntasnya.