Festival Kresnayana Akan di Gelar Tiga Kali Tahun Ini di Blitar

BLITAR, Setelah sukses dilaunching pada November tahun lalu, Festival Kresnayana akan kembali digelar di Amphitheater Penataran, Desa Penataran, Kecamatan Nglegok, Kabupaten Blitar pada Sabtu (14/3/2020) mendatang.

Kegiatan ini merupakan inisiasi dari Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jawa Timur dengan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Blitar melalui Dinas Pariwisata Kebudayaan Kepemudaan dan Olahraga (Disparbudpora) Kabupaten Blitar.

Festival Kresnayana merupakan pagelaran sendratari kolosal yang mengangkat kisah Sri Krisna atau Narayana kecil yang hidup berbalut kesederhanaan di widarakandang dalam asuhan demang sagopa.

Kenakalan masa kecil si narayana menunjukkan kecerdasan di atas anak sebayanya, keingintahuan tentang kehidupan pada petualangan mencari ilmu yang tak kenal lelah, sehingga pada masa remaja dihabiskan dengan gurunya resi padmanaba. Seklumit tentang kisah sri kresna kecil hingga dewasa inilah yang diangkat dalam sebuah karya sendratari kolosal Kresnayana.

“Pagelaran Festival Kresnayana ini merupakan apresiasi dari Pemprov Jatim kepada Kabupaten Blitar agar memiliki branding acara yang bisa menjadi khasnya Blitar. Pada tahun ini kita akan menggelar tiga kali Festival Kresnayana, yang pertama besok pada tanggal 14 Maret 2020 dengan Judul ‘Wiji Dadi’. Yang kedua pada 6 Juni dan yang ketiga pada 22 Agustus mendatang,” kata Suhendro Winarso, Kepala Dinas Parbudpora. Kamis (12/3/2020).

Dia menambahkan, Kisah Kresnayana ini di Indonesia dapat ditemukan dalam relief Candi Jago dan Candi Penataran. Dalam relief Candi Penataran, kisah Kresnayana bisa ditemui di candi induk Penataran pada tingkat kedua. Itulah yang menjadi dasar penyelenggaraan Festival Kresnayana di Blitar.

“Kresna sebagai tokoh dalam pewayangan yang reliefnya digambarkan di Candi Penataran ini dia adalah sosok yang ahli dalam bidang politik dan tokoh yang hebat berdialek, berdiplomasi dan dalam romantikanya dia juga bagus. Disini tokoh Kresna mengajarkan kita tentang tokoh yang bijaksana, memiliki sifat kepemimpinan dan politik dan itulah yang identik dari Blitar,” jelasnya.

Pagelaran sendratari Festival Kresnayana diharapkan akan menjadi festival tahunan yang bisa tetap diselenggarakan di Candi Penataran Blitar. Dimana pagelaran sendratari tersebut bisa menjadi hiburan sekaligus tuntunan simbolisasi dari masyarakat Blitar itu sendiri.

“Kedepan diharapkan masyarakat Blitar akan bangga dan betul-betul membumi dan sangat familiar dengan tokoh Kresna. Lebih jauh dari itu tidak hanya dalam pagelaran seni semata, dari Festival Kresnayana ini masyarakat Blitar bisa belajar dari tokoh Kresna itu sendiri,” tuntasnya.

Perlu diketahui, Festival Kresnayana yang diselenggarakan pada Sabtu, 14 Maret 2020 mulai pukul 19.00 di Amphitheater Penataran dan akan mengangkat judul ‘Wiji Dadi’. Kisah ini Menceritakan awal kelahiran Narayana/Kresna di dunia. Dimasa kecil Narayana adalah seorang anak yang cerdas dan memiliki ketangkasan yang luar biasa. Kemudian pada masa remaja dihabiskan dengan gurunya resi padmanaba. Kisah Kresna ini nantinya akan digelar dalam beberapa rangkaian cerita Kresnayana di komplek Candi Penataran.