10 Destinasi Wisata Terfavorit Kabupaten Blitar (New Normal)

Dunia pariwisata di Kabupaten Blitar terhenti sejenak sejak adanya pandemi Covid-19. Akan tetapi, sejak masa adaptasi kebiasaan baru atau new normal wisatawan sudah bisa berlibur dengan menerapkan protokol kesehatan.

Sebagai salah satu daerah tujuan wisata di Jawa Timur, Blitar memiliki destinasi yang cukup lengkap. Mulai dari wisata sejarah, budaya, alam, kuliner serta wisata buatan yang kekinian dan instagramable.

Selain itu, Blitar juga dikenal sebagai destinasi wisata yang paling ramah di kantong, terutama bagi kalangan backpacker. Berbagai destinasi menarik di Blitar bisa menjadi referensi liburan dan melepas penat.

Berdasarkan data yang dihimpun disparbudpora.blitarkab.go.id, dari 71 destinasi wisata yang telah terkelola, saat ini terdapat 58 destinasi wisata yang telah buka kembali dengan menerapkan protokol kesehatan. Berikut ini 10 Destinasi Terfavorit di Kabupaten Blitar berdasarkan jumlah kunjungan.

1. Kampung Coklat

Kampung Coklat

Sebelumnya destinasi wisata andalan di Kabupaten Blitar ini terpaksa ditutup karena pandemi Covid-19 yang merebak di berbagai daerah. Akan tetapi, sejak 1 Agustus 2020 silam Kampung Coklat telah dibuka kembali dengan menerapkan protokol kesehatan yang ketat dan disiplin. Sebelum masuk ke kawasan Kampung Coklat pengunjung akan diarahkan untuk mencuci tangan terlebih dahulu, dicek suhu badan dan juga diingatkan untuk tetap social distancing.

Kampung Coklat merupakan salah satu destinasi wisata yang tidak boleh dilewatkan oleh wisatawan saat berkunjung ke Blitar. Terutama bagi para pecinta coklat. Disini pengunjung Selain mengetahui proses budidaya tanaman coklat, hingga proses produksi coklat.

2. Pantai Tambakrejo

Pantai Tambakrejo

Pantai Tambakrejo merupakan salah satu tujuan wisata yang wajib dikunjungi wisatawan saat liburan tiba. Pantai yang terletak di Desa Tambakrejo, Kecamatan Wonotirto, Kabupaten Blitar, menawarkan pesona pasir putih yang sangat menawan. Disini pengunjung bisa bermain di bibir pantai yang cukup landai. Pantai ini juga terdapat banyak warung yang menyediakan hidangan seafood sehingga wisatawan dapat membeli berbagai olahan hasil laut yang masih segar.

3. Perkebunan Teh Sirah Kencong

Perkebunan Teh Sirah Kencong

Perkebunan Teh Sirah Kencong Blitar merupakan salah satu wisata alam yang cukup populer di Jawa Timur, Destinasi wisata ini berada di area pegunungan dengan ketinggian 1000 mdpl, tentunya menyuguhkan pemandangan alam yang mempesona. Kebun Teh Sirah Kencong terletak di Desa Ngadirenggo, Kecamatan Wlingi, Kabupaten Blitar. Disini wisatawan akan disuguhi pemandangan ala pegunungan yang indah berupa hamparan perkebunan teh yang akan memanjakan mata.

Selain itu, wisatawan juga dapat menikmati teh wangi asli produk Sirah Kencong. Seiring dengan ramainya kunjungan wisatawan, Perkebunan Teh Sirah Kencong terus menambah spot obyek wisata. Tak heran jika destinasi yang satu ini menjadi favorit bagi wisatawan untuk berfoto ala kekinian dan instagramable.

4. Pantai Serang

Pantai Serang

Pantai Serang merupakan salah satu pantai di Blitar yang paling ramai dikunjungi oleh wisatawan. Lokasinya berada di Desa Serang, Kecamatan Panggungrejo, Kabupaten Blitar. Pantai ini memiliki garis pantai yang sangat luas dan cukup landai  dengan ombak laut yang tidak begitu besar, sehingga cocok untuk bermain air.

Di pantai ini wisatawan bisa melakukan banyak kegiatan menarik dan tentunya menjadikan betah tak ingin segera pulang. Fasilitas yang ada juga cukup memadai, seperti tersedianya warung olahan seafood, mushola toilet umum, gazebo, toko oleh-oleh dan pernak-pernik khas Blitar, penangkaran tukik dan berbagai wahana menarik.

5. Hutan Pinus Loji

Pinus Loji

Setelah ditutup karena pandemi covid-19, Hutan Pinus Loji di Desa Tulungrejo, Kecamatan Gandusari, Kabupaten Blitar buka kembali pada Agustus lalu, dengan mengikuti aturan protokol kesehatan.

Wisata yang satu ini menawarkan beberapa spot foto instagramable, dengan latar hutan pinus yang menjulang tinggi menjadi favorit bagi wisatawan. Suasana sejuk serta hijaunya pepohonan menjadi relaksasi tersendiri untuk mata. Wisata Hutan Pinus Loji merupakan wisata alam dengan panorama hutan yang menakjubkan.

6. Kolam Renang Penataran

Kolam Renang Penataran

Kolam Renang Penataran merupakan salah satu destinasi wisata yang ada di kawasan wisata Candi Penataran. Terletak di Desa Penataran, Kecamatan Nglegok, Kabupaten Blitar, kolam renang penataran ini bisa menjadi alternatif tempat berenang di Blitar yang ramah di kantong.

Area pemandian ini terdiri dari 4 jenis kolam, kolam untuk anak-anak, untuk bermain, untuk remaja dan untuk dewasa. Selain kolam renang penataran, pengunjung juga bisa mengunjungi beberapa destinasi menarik di sekitarnya, seperti Candi Penataran yang merupakan candi hindu terbesar di Jawa Timur dan Museum Penataran yang berisi berbagai macam peninggalan cagar budaya masa lampau yang ada di sekitar Blitar.

7. Pantai Pangi

Pantai Pangi

Salah satu pantai di Blitar yang tak kalah memukau yakni Pantai Pangi. Pantai yang terletak di Desa Desa Tumpakkepuh, Kecamatan Bakung, Kabupaten Blitar ini memiliki karakteristik yang masih alami dan asri dengan deburan ombak besar yang khas Pantai selatan. Hamparan pasir putih dan deretan cemara udang terbentang indah di sepanjang bibir pantai.

Pantai Pangi juga memiliki sebuah keistimewaan lain yang jarang ditemukan di objek wisata lain yakni muara sungai yang membentuk telaga payau. Bagi wisatawan pencinta kegiatan camping, Pantai Pangi bisa dijadikan pilihan. Di pantai ini terdapat area datar yang cukup luas di bawah rerimbunan pohon pinus yang langsung menghadap ke laut.

8. Kebun Kopi Karanganyar

Kebun Kopi Karanganyar

Kebun Kopi Karanganyar merupakan salah satu destinasi menarik yang menyuguhkan suasana ngopi di rumah kompeni. Hal ini nampak dari suasana dan bangunan kuno yang bergaya arsitektur Belanda. Perkebunan kopi tertua di Blitar ini mengusung konsep agrohistori cofee yang kental dengan sejarahnya.

Disini pengunjung dapat belajar tentang kopi mulai dari budidaya pembibitan hingga menjadi kopi siap seduh. Selain menikmati kopi di areal tersebut, wisatawan yang datang ke sana juga dapat berkunjung ke beberapa museum yang ada di area tersebut.

9. Wisata Negeri Dongeng

Wisata Negeri Dongeng

Dinamai Negeri Dongeng karena di wisata ini pengunjung akan merasa seperti di negeri dongeng. Betapa tidak, di destinasi wisata ini pengunjung bisa melihat berbagai miniatur landmark keajaiban dunia.

Wisata Negeri Dongeng ini berlokasi di Desa Kawedusan, Kecamatan Ponggok, Kabupaten Blitar. Destinasi ini menyuguhkan kumpulan landmark terkenal dari berbagai dunia mulai Kincir Angin Belanda, Menara Eiffel, Patung Liberty, Menara Pisa, Candi Borobudur, dan lain sebagainya. Destinasi ini sangat tepat bagi kalian yang hobi berswafoto. Jadi tak perlu jauh-jauh ke luar negeri, kalian bisa mendapatkan banyak spot foto ala di luar negeri.

10. Rambut Monte

Telaga Rambut Monte

Salah satu wisata alam di Blitar yang penuh pesona adalah Rambut Monte. Wisata alam berupa telaga dengan keindahan yang berbalut legenda mistis.

Telaga ini memiliki pemandangan yang menakjubkan, berupa air telaga yang berwarna biru. Di dalamnya terdapat ikan purba yang diyakini masyarakat sekitar sebagai ikan dewa. Tidak hanya itu, lokasinya yang berada di tengah hutan menjadikan objek wisata ini begitu sejuk. Jauh dari polusi dan keramaian memiliki suasana yang sangat menenangkan. Tak jauh dari telaga, terdapat cagar budaya berupa bangunan candi pemujaan bagi penganut agama Hindu pada zaman Kerajaan Majapahit.

Follow by Email
Facebook
Twitter