Disparbudpora Gelar Seminar Hasil Kajian Koleksi Museum Penataran

Dinas Pariwisata Kebudayaan Pemuda dan Olahraga (Disparbudpora) Kabupaten Kabupaten Blitar, menggelar kegiatan Seminar Hasil Kajian Koleksi Museum Penataran Blitar yang digelar di Graha Bhakti Budaya, Kantor Disparbudpora Kabupaten Blitar.

Seminar tersebut dilaksanakan selama dua hari yakni pada Rabu (18/11/2020) hingga Kamis (19/11/2020) dan dibagi menjadi empat sesi seminar yang diikuti sekitar 200 orang audience.

Kepala Bidang Kebudayaan, Disparbudpora Kabupaten Blitar, Hartono mengatakan, kegiatan Seminar Hasil Kajian Koleksi Museum Penataran kali ini menyasar banyak kalangan mulai dari pegiat seni budaya, guide wisata, komunitas pemerhati sejarah dan cagar budaya hingga kalangan akademisi maupun dosen perguruan tinggi. Hal ini ditujukan guna menambah pemahaman dan informasi terkait koleksi yang ada pada museum Penataran.

“Seminar kali ini kita memang menyasar pada banyak kalangan komunitas seperti, pegiat seni budaya, guide, komunitas traveller, saka pariwisata pemerhati sejarah, hingga kalangan akademisi tujuannya yakni untuk menambah pemahaman dan pengalaman terkait informasi pengetahuan yang ada di Museum Penataran. Dimana di Museum Penataran ini banyak terdapat koleksi-koleksi peninggalan sejarah masa lampau yang bisa disampaikan guna menambah pengetahuan bagi masyarakat maupun di kalangan pelajar,” jelas Hartono.

Momen ini untuk mempelajari tentang arca-arca yang ada di koleksi museum Candi Penataran, agar generasi muda saat ini tahu apa dan makna dari sebuah arca itu dibuat pada zamannya. Semua bertujuan untuk menggambarkan kecintaan kepada Tuhan Yang Maha Esa.

“Harapan kedepan dari kegiatan seminar ini nantinya kalangan masyarakat maupun pelajar mulai dari jenjang TK, SD, SMP, SMA hingga perguruan tinggi bisa belajar dan berkunjung ke Museum Penataran Blitar,” tukas Hartono.

Follow by Email
Facebook
Twitter
Info Update Penyebaran Covid19 Di Dunia