LARUNG SESAJI KABUPATEN BLITAR DI TENGAH PANDEMI COVID 19

Kabupaten Blitar selain terkenal dengan banyaknya candi dan peninggalan sejarah  juga memiliki pantai yang berada di daerah pesisir selatan. Keindahan Pantai yang ada di Kabupaten Blitar tak kalah dengan pantai di daerah lain. Selaian keindahannya setiap Tahun di wilayah Pesisir Kabupaten Blitar selalu mengadakan kegiatan budaya yakni Larung sesaji.

Larung sesaji merupakan ritual yang di selenggarakan sebagai rasa syukur masyarakat pesisir Blitar Selatan atas tangkapan ikan yang di peroleh nelayan dan diselenggarakan pada tanggal 1 suro penagagalan jawa atau bertepatan pada Tahun Baru Hijriyah, karena kebanyakan masyarakatnya berprofesi sebagai Nelayan yang sehari-hari melaut untuk memenuhi kebutuhan sehari-harinya.

Pada tahun ini pada tepatnya tanggal 21 Agustus 2020 Pemerintah Kabupaten Blitar memusatkan acara larung sesaji di Pantai Serang Kecamatan Panggungrejo. Namun ada yang berbeda pada penyelanggraan Larung sesaji tahun ini yang tidak begitu banyak pengunjung berbanding terbalik pada tahun-tahun sebelemunya yang mana pengunjung datang untuk menyaksikan acara ini sangat banyak. Hal ini tidak terlepas dengan kondisi Pandemi Covid 19 yang sedang melanda Indonesia oleh karena itu acara yang di selenggrakan pun sangat sederhana dan terbatas.

Pada Kesempatan Lain Bupati Blitar Drs. Rijanto.MM mengakui sangat mengapresiasi acara ini meskipun di tengah pandemi adat yang baik seperti ini tetap berlangsung tutur beliau, meskipun acaranya sederhana namun tidak mengurangi kesyakralan acara ini. Belaiu juga menghimbau masyarakat untuk tetap mematuhi protokol kesehatan yang ada seperti menjaga jarak, sering cuci tangan dengan sabun dan air mengalir, serta selalu menggunakan masker guna mencegah penularan virus Covid 19.

Kepala Dinas Pariwisata Kebudayaan Pemuda dan Olahrga Kabupaten Blitar Suhendro Winarso, S.STP, M.Si menambahkan acara seperti ini selalu bisa disellenggrakan karena hal tersebut merupakan adat yang sudah melekat pada masyarakat namun juga pengelola destinasi juga harus sering menghimbau kepada pengunjung untuk menerapkan protokol kesehatan guna membrantas penularan virus Covid 19.

Melalui acara ini Masyarakat di harapkan untuk bijak menaati himbauan di lokasi wisata dan semoga tahun yang akan datang semua akan kembali normal seperti sedia kala.

Follow by Email
Facebook
Twitter
Info Update Penyebaran Covid19 Di Dunia