RBK DANCE COMPETITION. Wujud seni pertunjukan Ekraf Kabupaten Blitar

Industri Kreatif  saai ini mulai banyak dilirik oleh masyarakat terbukti dengan banyaknya komunitas-komunitas kreatif yang tumbuh di berbagai wilayah mulai dari komunitas fotografi,videografi, musik, tari,dance modern, teater, busana, dan masih banyak lagi.

Di Kabupaten Blitar terdapat Rumah Blitar Kreatif (RBK) yang berlokasi di Kawedanan Wlingi Kecamatan wlingi, yang menampung kegiatan dari beberapa komunitas berhubungan dengan ekonomi kreatif antara lain dance modern, tari traditional, dan musik.

Minggu, 10 januari 2021 bertempat di Kampung coklat diselenggarakan Final RBK dance competition yang di ikuti oleh  8 kelompok yang lolos tahap seleksi secara daring. Para finalis merupakan grup dance berasal dari para pelajar yang ada di Blitar raya, dengan dewan juri yakni pemerhati dance Moh. Afif ,  praktisi koreografi ferdy, dan Purwanto dari RBK

Abdul aziz selaku ketua RBK menuturkan acara yang sudah kali kedua ini cukup sulit karena dilaksanakan saat pandemi sehingga final tersebut juga diselenggarakan sesuai protokol kesehatan yang berlaku. Berbeda dengan tahun sebelumnya yang bisa diadakan dengan mengundang banyak masa, meski begitu dia merasa bangga karena acara yang positif ini berlangsung dengan lancar. Di final kedua tahun ini kualitas finalis ini dinilai meningkat lebih baik dari tahun lalu sehingga dia optimis apabila tahun depan pasti akan lebih baik, lebih hidup,dan dinamis.

Senada dengan hal itu Purwanto salah satu dewan juri menilai dari segi performa semua grup yang tampil sangatlah merata sehingga membuat dewan juri harus jeli untuk menentukan pemenang, selain itu dia manambahkan kehadiran Blitar Talent yang sudah mehimpun tenaga untuk terselanggaranya acara ini membuat mutu dari acara ini semakin menarik dan tidak kalah dari daerah lain.

Dinas Pariwisata Kebudayaan Pemuda dan Olahraga Kabupaten Blitar yang  salah satu bidangnya menangani kegiatan Ekonomi Kreatif selalu mendukung kegiatan yang mempunyai nilai positif dan berterima kasih atas terselenggaranya acara ini dan harapaannya di kemudian hari akan banyak lagi acara kreatif di bidang lain yang muncul seperti kuliner, musik, film, dan sebagainya, Sehingga menambah ragam kegiatan kreatif yang ada di Kabupaten Blitar

Follow by Email
Facebook
Twitter