0 0

Antisipasi Lonjakan Pengunjung Jelang Liburan Nataru, Disparbudpora Kabupaten Blitar Batasi Kunjungan Wisata Hingga 50 Persen

Read Time:1 Minute, 33 Second

Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Blitar melalui Dinas Pariwisata Kebudayaan Pemuda dan Olahraga (Disparbudpora) Kabupaten Blitar melakukan pembatasan jumlah kunjungan wisatawan di destinasi wisata di Kabupaten Blitar hingga 50 persen dari kapasitas normal. Hal ini guna mengantisipasi membludaknya pengunjung pada libur panjang Natal dan Tahun Baru (Nataru).

Kepala Dinas Pariwisata Kebudayaan Pemuda dan Olahraga (Disparbudpora) Kabupaten Blitar Suhendro Winarso mengatakan, pembatasan ini dilakukan untuk menekan penularan Covid-19 yang disebabkan oleh adanya peningkatan wisatawan di sejumlah destinasi wisata di Kabupaten Blitar.

“Kita bersama tim gugus tugas sudah memberikan edaran pada para pengelola destinasi wisata untuk melakukan pembatasan kunjungan wisatawan maksimal 50 persen dari kapasitas asli. Selain itu, penerapan protokol kesehatan juga kita perketat, ini berkaitan dengan upaya Pemkab Blitar untuk menekan terjadinya peningkatan kasus penularan Covid-19 tersebut,” katanya, Selasa (22/12/2020).

Adapun, ketentuan pembatasan jumlah wisatawan tersebut sesuai dengan Surat Edaran Sekretariat Daerah Kabupaten Blitar No. 556/1018/409.103/2020 Tahun 2020 tentang Penerapan Protokol Kesehatan Dalam Rangka Menekan Virus Kasus Penularan Covid-19 di Kabupaten Blitar.

Suhendro menghimbau untuk seluruh pengelola destinasi wisata serta masyarakat untuk wajib meningkatkan kewaspadaan dalam penegakan disiplin protokol kesehatan. Penegakan tersebut terutama dalam hal memakai masker, mencuci tangan dengan sabun dan menjaga jarak.

“Kami juga menghimbau pada seluruh pengelola destinasi untuk senantiasa menerapkan protokol kesehatan di destinasi wisata dengan menggunakan masker, menjaga jarak, dan menyediakan tempat cuci tangan. Mengintensifkan peran satgas internal destinasi dalam penerapan protokol kesehatan selama di area destinasi wisata,” sambungnya.

Lebih lanjut, peraturan ini akan kembali disosialisasikan secara terus menerus diberbagai tempat wisata, termasuk mengenai pentingnya mematuhi protokol kesehatan Covid-19, sehingga libur panjang dalam rangka cuti bersama menjadi lebih aman dan nyaman serta tidak ada penambahan cluster Covid-19 di Kabupaten Blitar.

“Kami berharap masyarakat dapat berliburan dengan aman dan nyaman, tetap patuhi protokol kesehatan, hindari membuat kerumunan, harapannya tidak ada penambahan cluster Covid-19 di destinasi wisata,” tuntas Suhendro.

Happy
Happy
0 %
Sad
Sad
0 %
Excited
Excited
0 %
Sleepy
Sleepy
0 %
Angry
Angry
0 %
Surprise
Surprise
0 %
Follow by Email
Facebook
Twitter