2 0
Desa Wisata Semen 'KWE Puspa Jagad' Finalis Desa Wisata Award 2021

Desa Wisata Semen ‘KWE Puspa Jagad’ Blitar Jadi Finalis Desa Wisata Awards 2021

Read Time:2 Minute, 18 Second

Blitar – Desa Wisata Semen, Kampung Wisata Ekologi (KWE) Puspa Jagad, Kecamatan Gandusari, Kabupaten Blitar, Jawa Timur, berhasil masuk 20 besar finalis ajang Desa Wisata Awards 2021 yang digelar Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) bersama BCA.

Desa Wisata Semen masuk dalam nominasi lima besar nasional kategori desa wisata kreatif. Nantinya, dari lima besar finalis desa wisata kreatif ini akan dipilih satu desa wisata terbaik.

General Manager Desa Wisata Semen KWE Puspa Jagad, Eko Wihadi mengatakan, 20 finalis Desa Wisata Award itu terbagi dalam empat kategori yakni kategori Desa Wisata Berbasis Alam, Desa Wisata Berbasis Budaya, Desa Wisata Kreatif dan Desa Wisata Berbasis Digital.

“Kami dari Desa Wisata Semen, KWE Puspa Jagad masuk dalam 20 besar nominasi, kategori Desa Wisata Kreatif. Jadi kami praktis menjadi lima besar Nasional. Katanya saat audiensi di Dinas Parbudpora Kabupaten Blitar, Kamis (10/7/2021).

Menurutnya, sebelum masuk pada tahap penjurian di lapangan, ada beberapa hal yang perlu dipersiapkan. Diantaranya yakni kehadiran perwakilan pemerintah daerah sebagai salah satu wujud komitmen kemajuan desa wisata.

“Hari ini kita audiensi dengan Dinas Parbudpora untuk membicarakan skema dalam perlombaan lima besar. Jadi ada beberapa form persyaratan yang perlu kita siapkan sebelum penjurian yang insyaallah akan dilaksanakan mulai 16 sampai 30 Juni 2021 mendatang. Kemudian presentasinya nanti kita akan menunggu apakah akan dilaksanakan di Jakarta, Bogor atau di tempat lain,” tambahnya.

Pihaknya berharap, dalam ajang lomba desa Wisata Award 2021 kali ini Desa Wisata Semen bisa menyajikan yang terbaik serta membawa prestasi bagi Kabupaten Blitar.

“Harapan kami bukan hanya kemenangan saja, tetapi dalam perlombaan ini kita buktikan bahwa kemandirian dan kekompakkan antara pemerintah daerah, mulai dari desa, kecamatan, Pemkab Blitar dan segenap masarakat dan pengurus desa Wisata Semen saling mendukung dan saling melengkapi demi kemajuan Pariwisata di Kabupaten Blitar,”ujarnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Parbudpora Kabupaten Blitar, Suhendro Winarso mengatakan, pihaknya sangat mengapresiasi prestasi yang ditorehkan oleh Desa Wisata Semen KWE Puspa Jagad. Dia Berharap, nantinya Desa Wisata semen bisa menjadi juara nasional serta menjadi motivasi bagi desa wisata lain untuk terus berprestasi.

“Kami sangat mengapresiasi kerja keras teman-teman Desa Wisata Semen Puspa Jagad yang telah membawa nama Blitar ke kancah nasional dimana kemarin masuk nominasi 5 besar Desa Wisata Award 2021. Kami berharap, Desa Wisata Semen Puspa Jagad ini bisa menjadi motivator bagi desa wisata lainnya, kami di Dinas akan terus mendukung dan mengfasilitasi kebutuhan apa yang perlu dilengkapi pada saat penjurian nanti sesuai dengan tupoksi kami. Semoga nantinya Desa Wisata Semen bisa menjadi juara nasional dan kembali mengukir prestasi bagi Kabupaten Blitar,” ungkapnya.

Perlu diketahui, kekuatan dan potensi utama dari Desa Wisata Semen KWE Puspa Jagad yakni tetap mempertahankan, menjalankan, dan mengembangkan kearifan lokal yang ada di masyarakat desa dengan mengemasnya menjadi sebuah Paket Wisata mulai dari Paket Wisata Edukasi, Camping Ground dan Outbound, serta Paket Wisata Live In.

Happy
Happy
67 %
Sad
Sad
0 %
Excited
Excited
0 %
Sleepy
Sleepy
0 %
Angry
Angry
0 %
Surprise
Surprise
33 %
Follow by Email
Facebook
Twitter