0 0

Disparbudpora Kabupaten Blitar Optimis Desa Wisata Semen Raih Prestasi di Ajang Desa Wisata Awards 2021

Read Time:2 Minute, 9 Second

BLITAR – Kepala Dinas Pariwisata Kebudayaan Pemuda dan Olahraga (Disparbudpora) Kabupaten Blitar Suhendro Winarso optimis Desa Wisata Semen, Kampung Wisata Ekologi (KWE) Puspa Jagad dapat berprestasi di ajang lomba Desa Wisata Awards 2021 yang digelar Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) bersama BCA.

Hal ini disampaikannya saat meninjau langsung proses persiapan para pegiat wisata di Desa Wisata Semen, Kecamatan Gandusari, Kabupaten Blitar, Selasa (15/6/2021).

“Secara umum kami optimis, karena Desa Wisata Semen lahir sebagai desa wisata tidak hanya dalam hitungan hari tetapi sudah bertahun-tahun. Artinya timnya solid, para pegiat wisatanya juga sudah paham dengan tugasnya masing-masing dan sudah terorganisir dengan sangat rapi, sehingga bisa bekerja di tiap lini. Selain itu komitmen dan dukungan dari pemerintah Desa Semen juga sangat luar biasa. Semoga Desa Semen bisa berprestasi di tingkat nasional,” ungkap Suhendro.

Menurutnya, sejauh ini persiapan Desa Wisata Semen dalam ajang Desa Wisata Awards 2021 kali ini sudah cukup baik. Hanya saja, ada beberapa hal yang perlu diinfentarisir dan disempurnakan, sehingga diharpkan saat penjurian nanti Desa Wisata Semen bisa menyajikan yang terbaik dan hasil yang maksimal.

“Terkait persiapan tentu semua berproses karena ada tahapan-tahapan, tetapi persiapan yang dilakukan saya kira juga tidak terlalu merepotkan. Karena tidak ada sesuatu yang dibuat atau diada-adakan untuk lomba, karena semua yang akan disajikan nanti pada saat penjurian sudah ada meski tidak ada lomba. Mungkin hanya ada beberapa yang perlu diinfentarisir dan disempurnakan saja. Kami dari Dinas terus mendampingi sehingga nanti bisa membawa hasil yang terbaik,” tambahnya.

Sementara itu, Sekertaris Desa Semen Ari Winarko mengatakan, persiapan menjelang penjurian Desa Wisata Awards 2021 ini yang pertama yakni menguatkan internal para pegiat wisata Desa Wisata Semen, untuk menginfentarisir hal-hal yang perlu dilengkapi. Selain itu pihaknya juga terus bersinergi bahu membahu dengan seluruh elemen masayarakat untuk kemajuan dan pretasi Desa Wisata Semen.

“Kita juga sudah mengalokasikan dana desa untuk segala keperluan jelang penjurian nanti. Jadi untuk  kesuksesan bersama, segala keperluan akan kita bantu, kita prioritaskan karena kita melihat semangat para pegiat desa wisata semen sangat luar biasa sekali. Insyaallah dengan semangat dan kekompakan kita bersama, Desa Wisata Semen bisa berprestasi menjadi juara nasional dan menjadi kebanggan Kabupaten Blitar,” tukasnya.

Perlu diketahui, Desa Wisata Semen masuk dalam nominasi lima besar nasional kategori desa wisata kreatif. Nantinya, dari lima besar finalis desa wisata kreatif ini akan dipilih satu desa wisata terbaik.

Kekuatan dan potensi utama dari Desa Wisata Semen KWE Puspa Jagad yakni tetap mempertahankan, menjalankan, dan mengembangkan kearifan lokal yang ada di masyarakat desa dengan mengemasnya menjadi sebuah Paket Wisata mulai dari Paket Wisata Edukasi, Camping Ground dan Outbound, serta Paket Wisata Live In.

Happy
Happy
0 %
Sad
Sad
0 %
Excited
Excited
0 %
Sleepy
Sleepy
0 %
Angry
Angry
0 %
Surprise
Surprise
0 %
Follow by Email
Facebook
Twitter