0 0
Ditemukan Benda Mirip Prasasti dan Altar Berangka Tahun, Tim BPCB dan Disparbudpora Lakukan Identifikasi

Ditemukan Benda Mirip Prasasti dan Altar Berangka Tahun, Tim BPCB dan Disparbudpora Lakukan Identifikasi

Read Time:1 Minute, 30 Second

BLITAR – Batuan mirip prasasti dan altar berangka tahun ditemukan di belakang pekarangan Iwan (35) warga di Dusun Karanggayam 1 RT.03/RW.01, Desa Karanggayam, Kecamatan Srengat, Kabupaten Blitar.

Menindaklanjuti hal itu, Tim budaya Dinas Pariwisata Kebudayaan Pemuda dan Olahraga (Disparbudpora) Kabupaten Blitar bersama perwakilan Balai Pelestari Cagar Budaya (BPCB) Jawa Timur di Kabupaten Blitar langsung menuju ke lokasi temuan untuk melakukan identifikasi awal, Selasa (29/6/2021).

Agus Sutjipto, Kepala Kepala Seksi Muskala Jarah Nitra Disparbudpora Kabupaten Blitar mengatakan, berdasarkan pengamatan awal, batu mirip prasasti dan batuan berangka tahun ini kemungkinan berkaitan dengan benda sejarah cagar budaya peninggalan kerajaan terdahulu.

“Temuan ini kemungkinan berkaitan dengan benda sejarah cagar budaya oleh karena itu perlu penelitian dan kajian lebih lanjut untuk memastikan hal itu,”

Berdasarkan identifikasi awal dari tim BPCB, batu mirip prasasti dengan rincian tinggi keseluruhan 197 dan lebar 90 cm ini diprediksi merupakan bakal prasasti yang belum jadi, dikarenakan belum ada tulisan atau ukiran dalam batu tersebut.

“Dari indentifikasi awal, kami melakukan pengukuran dan pencatatan ciri” temuan tersebut. Dalam batu mirip prasasti ini kita memprediksi bahwa temuan ini merupakan bakal prasasti yang belum diukir tulisan, sebab saat kita bersihkan dengan air dan sikat tidak ada tulisan yang terlihat hanya ada pahatan melingkar di atas prasasti,” jelas Setyo Wahyudi, Perwakilan BPCB Jatim di Blitar.

Selain itu, menurutnya temuan yang cukup menarik yakni sebuah batu altar dengan tulisan angka tahun yang ditemukan tidak jauh dari tempat penemuan batu mirip prasasti.

Batu Altar Berangka Tahun, Diperkirakan Benda Cagar Budaya Peninggalan Masa Kerajaan Kadiri
Batu Altar Berangka Tahun, Diperkirakan Benda Cagar Budaya Peninggalan Masa Kerajaan Kadiri

“Menurut identifikasi angka tahun yang tertulis dibatu altar tersebut diperkirakan merujuk pada tahun 1034 Saka atau 1112 Masehi, jadi kemungkinan temuan ini merupakan peninggalan Kerajaan Kadiri. Untuk kejelasannya kami akan melakukan penelitian lebih lanjut apa sebenarnya benda-benda temuan ini,” tukasnya.

Happy
Happy
100 %
Sad
Sad
0 %
Excited
Excited
0 %
Sleepy
Sleepy
0 %
Angry
Angry
0 %
Surprise
Surprise
0 %
Follow by Email
Facebook
Twitter