0 0

Festival Kresnayana 4 “Dhuta Pamungkas”, Pemkab Blitar Sukses Hibur Masyarakat di Tengah Pandemi

Read Time:2 Minute, 3 Second

BLITAR – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Blitar kembali sukses menggelar pertunjukan virtual Festival Sendratari Krenayana 4, yang disiarkan langsung dari Amphitheater Penataran, Nglegok, Kabupaten Blitar, Sabtu (5/6/2021) malam.

Kali ini dengan mengangkat lakon “Dhuta Pamungkas” pergelaran tersebut disaksikan oleh ribuan masyarakat melalui Channel YouTube dan sosial media Pemkab Blitar.

Festival Kresnayana merupakan salah satu upaya promosi seni budaya yang diinisiasi oleh Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jawa Timur yang bekerjasama dengan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Blitar melalui Dinas Pariwisata Kebudayaan Kepemudaan dan Olahraga (Disparbudpora) Kabupaten Blitar.

Kepala Dinas Parbudpora Kabupaten Blitar Suhendro Winarso mengatakan, Pagelaran Festival Kresnayana 4 masih dilaksanakan secara terbatas dan tertutup untuk umum mengingat pandemi Covid-19 belum berakhir. Selain itu, pelaksanaan Festival Kresnayana kali ini juga tetap mematuhi protokol kesehatan secara ketat.

“Kami harap masyarakat bisa memaklumi bahwa pandemi masih belum usai jadi bagi masyarakat silahkan menyaksikan Festival Kresnayana 4 kali ini secara virtual melalui Channel YouTube Pemkab Blitar dan media sosial @amazingblitar_landofkings,” ungkapnya, saat membacakan sambutan Bupati Blitar.

Pagelaran Sendratari Festival Kresnayana 4 Dhuta Pamungkas (Foto: Tim Kreatif Disparbudpora Kabupaten Blitar)
Pagelaran Sendratari Festival Kresnayana 4 Dhuta Pamungkas (Foto: Tim Kreatif Disparbudpora Kabupaten Blitar)

Suhendro menambahkan, Festival Kresnayana pada malam hari ini dapat terselenggara atas bantuan dan kerjasama antara Dinas Parbudpora Kabupaten Blitar dengan Dinas kebudayaan dan Pariwisata Provinsi Jawa Timur. Selain itu, Festival Kresnayana juga sudah masuk dalam kalender event di Jawa Timur.

“Kita patut bangga memiliki Festival Kresnayana,
kalau di Jawa Tengah di Candi Prambanan mempunyai Sendratari Ramayana di Kabupaten Blitar mempunyai Festival Kresnayana yang reliefnya ada di Candi Palah Penataran yakni Candi terbesar di Jawa Timur. Cerita dalam Festival Kresnayana akan terus bersambung. Setelah ini akan berlanjut ke gelaran selanjutnya yang rencananya dilaksanakan pada bulan November mendatang,” urainya.

Perlu diketahui bahwa Gelaran Festival Kresnayana ke 4 ini mengusung lakon cerita “Dhuta Pamungkas”, dimana kedamaian adalah hakikat setiap perjalanan hidup manusia. Demikian juga dengan Pandawa yang berusaha menciptakan perdamaian dengan menobatkan Kresna sebagai duta atau utusan terakhir sebagai penentu.

Apapun keputusan Kurawa adalah takdir kehidupan yang memang harus terjadi dan tidak bisa dihindari walaupun harus berujung peperangan. Peperangan Perang Baratayudha adalah perang suci perang antara kebenaran dengan keangkaramurkaan sebagai pendharmaan abadi.

“Cerita ini sangat menarik dan bisa kita ambil hikmahnya dalam kehidupan baik pribadi maupun dalam kehidupan bermasyarakat dan lingkungan alam sekitar. Oleh karena itu, kami mengajak seluruh masyarakat untuk terus menyaksikan Pagelaran Festival Kresnayana, yang mana didalamnya kita tidak hanya menyajikan tontonan saja tetapi juga terdapat nilai-nilai tuntunan hidup lewat pagelaran seni budaya,” tuntasnya.

Happy
Happy
0 %
Sad
Sad
0 %
Excited
Excited
0 %
Sleepy
Sleepy
0 %
Angry
Angry
0 %
Surprise
Surprise
0 %
Follow by Email
Facebook
Twitter