0 0

Festival Sendratari Kresnayana Virtual, Pemkab Blitar Sukses Promosi Budaya di Tengah Pandemi

Read Time:2 Minute, 53 Second

Blitar – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Blitar sukses menggelar pertunjukan virtual Festival Sendratari Krenayana 3, yang disiarkan langsung dari Gedung Graha Bhakti Budaya, Dinas Pariwisata Kebudayaan Pemuda dan Olahraga (DIsparbudpora) Kabupaten Blitar, Sabtu (3/4/2021) malam.

Pertunjukan ini merupakan salah satu upaya promosi seni budaya yang diinisiasi oleh Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jawa Timur yang bekerjasama dengan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Blitar melalui Dinas Pariwisata Kebudayaan Kepemudaan dan Olahraga (Disparbudpora) Kabupaten Blitar.

Pagelaran Kresnayana merupakan pagelaran sendratari yang mengangkat kisah Kresnayana yang terinspirasi dari relief Candi Penataran dengan menyampaikan sikap kepemimpinan dari sosok Sri Kresna sebagai pembawa pesan kedamaian dunia.

Bupati Blitar, Rini Syarifah yang membuka acara tersebut mengatakan wisata dan budaya di Kabupaten Blitar, belakangan ini semakin menggeliat. Meski sempat terhenti akibat dampak dari pandemi Covid-19, akan tetapi berkat dukungan dari pemerintah provinsi dan pemerintah pusat, pagelaran seni budaya berangsur pulih kembali.

Menurutnya, event kresnayana memiliki peran yang cukup besar dalam menjaga, melestarikan sekaligus mewariskan seni budaya kepada semua lintas generasi. Untuk itulah, masyarakat diajak agar tetap mengenal dan menjunjung tinggi seni budaya di daerah masing-masing.

“Apabila candi prambanan mempunyai sendratari ramayana sedangkan Kabupaten Blitar memiliki festival kresnayana di candi penataran. Dimana candi tersebut merupakan candi terbesar di Jatim dengan relief cerita tentang kresnayana dan cerita seni budaya lainnya,” tandasnya.

Bupati wanita pertama di Kabupaten Blitar itu menambahkan, bahwa Festival Kresnayana mempunyai daya tarik tersendiri bagi siapapun termasuk wisatawan domestik dan mancanegara. Sehingga, kegiatan yang berbau positif seperti ini harus dikembangkan supaya bisa memberikan peluang terlebih dapat meningkatkan ekonomi masyarakat.

“Memang pandemi COVID-19 telah berdampak negatif pada industri pariwisata tetapi jangan sampai dijadikan suatu alasan justru harus dipacu agar semuanya bangkit dan roda perekonomian kembali berjalan normal,” kata Rini kepada Suara Indonesia Sabtu.

Rini juga mengingatkan kepada seluruh pengelola wisata di Kabupaten Blitar terus mengedepankan protokol kesehatan terhadap seluruh pengunjung. Dan pengelola harus melakukan pembersihan secara berkala di area sekitar supaya penanganan COVID-19 berjalan maksimal.

Sementara itu, Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Provinsi Jawa Timur, Sinarto mengatakan, festival kresnayana sudah masuk di kalender event Pemprov Jatim dan direncanakan pada tanggal 05 Juni mendatang akan digelar festival kresnayana IV di Amphitheater Penataran.

“Kresnayana itu menceritakan tentang tokoh kresna yang sangat luar biasa, kami tidak membanding-bandingkan dengan yang lain akan tetapi apabila disejajarkan dengan Ramayana yang ada di prambanan, tokoh kresna lebih unggul dimana cerita Ramayana itu ceritanya banyak memangkat tentang cinta kasih, namun kalau kresna itu selain mengangkat cerita tentang cinta kasih juga ungul dalam sosok yang menggambarkan tenatng kepemimpinan, diplomasinya bagus, politiknya bagus, sehingga apabila banyak pemimpin yang lahir dari Blitar saya rasa tidak salah,”

Dia menambahkan, bahwa potensi wisata dan seni budaya di Blitar sangatlah besar. Oleh karena itu pihaknya berharap melalui Festival Kresnayana ini Kabupaten Blitar bisa semakin dikenal dan menjadi salah satu destinasi unggulan di Jawa Timur.

“Blitar ini juga ada dua proklamator besar yang satu proklamator majapahit yakni raden Wijaya makamnya ada di kabupaten Blitar dan yang satru yakni kita tahu Bersama ada proklamator bung karno yang juga di makamkan di Blitar. Oleh karena itu kita sangat ingin menggerakkan pariwisata di Blitar sebagai salah satu wisata unggulan di Jawa Timur,”tukasnya.

Perlu diketahui bahwa Pagelaran Kresnayana 3 kali ini mengangkat lakon Kresna Gugah” dengan tajuk Nggayuh Lintang Nggegem Rembulan bercerita tentang upaya Kresna dalam mendamaikan pihak Pandawa dan Kurawa dalam perang besar Baratayudha. Pagelaran Sendaratari ini sukses disiarkan secara langsung di Channel YouTube Pemkab Blitar pada, Sabtu (3/4/2021) malam pukul 20.00 WIB.

Happy
Happy
0 %
Sad
Sad
0 %
Excited
Excited
0 %
Sleepy
Sleepy
0 %
Angry
Angry
0 %
Surprise
Surprise
0 %
Follow by Email
Facebook
Twitter