0 0

Geliatkan Sektor Pariwisata, Disbudpar Jatim Dorong Pokdarwis Blitar Kembangkan Sumber Daya Lokal

Read Time:2 Minute, 44 Second

Dalam rangka mengembalikan geliat pariwisata di masa pandemi covid-19, berbagai upaya terus dilakukan pemerintah. Salah satunya melalui pelatihan “Peningkatan Potensi Kapasitas Masyarakat dan Sumber Daya Lokal di Sekitar Destinasi Pariwisata” yang digelar oleh Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Provinsi Jawa Timur, Rabu (10/3/2021).

Bertempat di Aula Kampung Coklat, Desa Plosorejo, Kecamatan Kademangan, Kabupaten Blitar, kegiatan ini diikuti oleh 60 orang pelaku dan pegiat wisata, Pokdarwis di Kabupaten Blitar.

Kepala Bidang Destinasi Pariwisata Disbudpar Jatim Dra. Susiati M.M dalam sambutannya mengatakan, Kegiatan ini diharapkan dapat meningkatkan Potensi dan Kapasitas Masyarakat dan Sumber Daya Lokal di Sekitar Destinasi Pariwisata khususnya yang dikelola destinasi wisata yang dikelola oleh kelompok sadar wisata Pokdarwis di Kabupaten Blitar.

“Dalam kegiatan ini diharapkan para pelaku dan pegiat wisata utamanya Pokdarwis bisa melakukan identifikasi sendiri terhadap potensi sumber daya yang ada di sekitarnya. Oleh karena itu kita sengaja mendatangkan narasumber itu untuk bisa memberikan pencerahan terhadap temen-temen Pokdarwis maupun desa wisata kita butuhkan untuk penguatan UMKM maupun tata kelola pariwisatanya,” ungkapnya.

Kegiatan Pelatihan Peningkatan Potensi Kapasitas Masyarakat dan Sumber Daya Lokal di Sekitar Destinasi Pariwisata oleh Disbudpar Prov Jatim (Foto: Tim Kreatif Disparbudpora Kabupaten Blitar)
Kegiatan Pelatihan Peningkatan Potensi Kapasitas Masyarakat dan Sumber Daya Lokal di Sekitar Destinasi Pariwisata oleh Disbudpar Prov Jatim (Foto: Tim Kreatif Disparbudpora Kabupaten Blitar).

Susiati menambahkan, pasca pandemi Covid-19, industri pariwisata diprediksi akan mengalami perubahan tren. Hal ini tidak terlepas dari munculnya pola perilaku baru di masyarakat yang lebih memerhatikan kesehatan dan keselamatan.

Untuk itu, Pemerintah pusat melalui dinas terkait di provinsi maupun daerah terus berupaya menyiapkan protokol kesehatan dan verifikasi implementasi Standar Operasional Prosedur (SOP) Cleanliness, Health, Safety and Enviromental Sustainability (CHSE).

“Jadi platform yang kita butuhkan saat ini itu adalah Kolaborasi, adaptasi, Inovasi dan kolaborasi bersama-sama dengan seluruh stakeholder bersama dengan desa wisata sekitar. Adaptasi dengan kondisi saat ini penguatan CHSE, penguatan protokol kesehatan itu sangat kita butuhkan. Inovasi baru spesifikasi produk supaya bisa memberikan kepercayaan baru kepada masyarakat dan publik bahwa kondisi desa wisata kita itu aman dan dapat kita jaga dengan sangat ketat protokol kesehatan,” jelasnya.

Kegiatan Pelatihan Peningkatan Potensi Kapasitas Masyarakat dan Sumber Daya Lokal di Sekitar Destinasi Pariwisata oleh Disbudpar Prov Jatim (Foto: Tim Kreatif Disparbudpora Kabupaten Blitar)
Kegiatan Pelatihan Peningkatan Potensi Kapasitas Masyarakat dan Sumber Daya Lokal di Sekitar Destinasi Pariwisata oleh Disbudpar Prov Jatim (Foto: Tim Kreatif Disparbudpora Kabupaten Blitar).

Sementara itu, Kepala Dinas Parbudpora Kabupaten Blitar, Suhendro Winarso, S.STP mengatakan, dalam upaya mendorong keberlangsungan pariwisata di wilayah Kabupaten Blitar, Pemerintah Daerah melalui Dinas Parbudpora juga memberikan bantuan stimulan sarana protokol kesehatan.

“Sampai hari ini, dari 71 destinasi wisata yang telah terkelola, terdapat 61 destinasi wisata yang telah buka dengan protokol kesehatan. Sedangkan destinasi wisata lainnya sebagian masih persiapan,” paparnya.

Lebih lanjut Suhendro menambahkan, dalam rangka pemulihan sektor pariwisata di Kabupaten Blitar, tim gugus tugas juga melakukan pembinaan kepada destinasi sekaligus meverifikasi kesiapan destinasi dalam melaksanakan protokol kesehatan. Pihaknya sangat mengapresiasi Pelatihan Peningkatan Potensi Kapasitas Masyarakat dan Sumber Daya Lokal di Sekitar Destinasi Pariwisata yang diselenggarakan Disbudpar Jatim dalam upaya menyelamatkan keberlangsungan sektor pariwisata di masa pandemi covid-19.

“Tentunya kamis sangat mengapresiasi perhatian dari Disbudpar Jatim. Semoga dari kegiatan pelatihan ini para pelaku maupun pengelola pariwisata sebagai tambahan ilmu dalam memberikan pelayanan pariwisata di masa pendemi Covid 19. Kami yakin dan percaya, melalui pelatihan Peningkatan Potensi Kapasitas Masyarakat dan Sumber Daya Lokal di Sekitar Destinasi Pariwisata di Kabupaten Blitar ini nantinya akan membawa gairah dan dapat menggeliatkan kembali pariwisata di Kabupaten Blitar,” tuntasnya.

 

Happy
Happy
100 %
Sad
Sad
0 %
Excited
Excited
0 %
Sleepy
Sleepy
0 %
Angry
Angry
0 %
Surprise
Surprise
0 %
Follow by Email
Facebook
Twitter