0 0

Geliatkan Sektor Wisata, Disparbudpora Kabupaten Blitar Dorong Pelaku Wisata Terapkan Protokol Kesehatan

Read Time:2 Minute, 26 Second

Dalam upaya mendorong keberlangsungan sektor pariwisata di wilayah Kabupaten Blitar, Pemerintah daerah melalui Dinas Pariwisata Kebudayaan Kepemudaan dan Olahraga (Disparbudpora) Kabupaten Blitar mengfasilitasi terselenggaranya kegiatan Bimbingan Teknis Protokol Kesehatan berbasis CHSE (Cleanliness, Health, Safety and Enviromental Sustainability),Kamis (3/11/2020).

Bertempat di Kampung Coklat, Desa Plosorejo, Kecamatan Kademangan, Kabupaten Blitar, kegiatan yang diselenggarakan Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) ini diikuti oleh para pelaku dan pegiat wisata Kabupaten Blitar.

Turut hadir dan membuka kegiatan tersebut, Direktur Pengembangan Destinasi Regional I, Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf RI) yang diwakili Kordinator Area 4, Burhanuddin, Kepala Dinas Parbudpora Kabupaten Blitar, Suhendro Winarso.

Dalam sambutannya, Kordinator Area 4 Kemenparekraf RI, Burhanudin mengatakan Bimtek kali ini juga mengajarkan penerapan pariwisata berbasis Cleanliness, Health, Safety and Environment Sustainability (CHSE). Lewat Bimtek ini sektor pariwisata di Blitar diharapkan bisa menjadi garda terdepan dalam menerapkan pedoman CHSE. Program CHSE menurutnya merupakan salah satu strategi menghadapi masa adaptasi kebiasaan baru di sektor pariwisata dan ekonomi kreatif.

“CHSE berfungsi sebagai jaminan kepada wisatawan dan masyarakat bahwa produk dan pelayanan yang diberikan sudah memenuhi protokol kebersihan, kesehatan, keselamatan dan kelestarian lingkungan. Saat pandemi seperti ini, CHSE menjadi pedoman wisatawan untuk menentukan destinasi wisata yang akan ditujunya. Oleh karena itu, penerapan CHSE menjadi standard utama untuk destinasi wisata di masa adaptasi kebiasaan baru,” jelasnya

Dia menambahkan, CHSE dibuat berdasarkan Keputusan Menteri Kesehatan tentang Protokol Kesehatan di Tempat dan Fasilitas Umum dalam Rangka Pencegahan dan Pengendalian Covid-19. Tujuannya untuk meningkatkan upaya pencegahan dan pengendalian Covid-19 bagi masyarakat di tempat dan fasilitas umum dalam rangka mencegah terjadinya kluster baru selama masa pandemi.

“Kunci sukses pulihnya sektor pariwisata dan ekonomi kreatif adalah dengan penerapan standar protokol kesehatan secara disiplin dan ketat. Seperti halnya di Kampung Coklat penerapan protokol kesehatan sangat baik, bahkan menjadi juara satu penerapan protokol kesehatan,” tambahnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Parbudpora Kabupaten Blitar, Suhendro Winarso mengatakan, dalam upaya mendorong keberlangsungan pariwisata di wilayah Kabupaten Blitar, Pemerintah Daerah melalui Dinas Parbudpora juga memberikan bantuan stimulan sarana protokol kesehatan berupa thermo gun, tempat cuci tangan, face shiled, masker dan handclove.

“Sampai hari ini, dari 71 destinasi wisata yang telah terkelola, terdapat 58 destinasi wisata  yang telah buka dengan protokol kesehatan. Sedangkan 13 destinasi wisata lainnya sebagian masih persiapan,” paparnya.

Lebih lanjut Suhendro menambahkan, dalam rangka pemulihan sektor pariwisata di Kabupaten Blitar, tim gugus tugas juga melakukan pembinaan kepada destinasi sekaligus meverifikasi kesiapan destinasi dalam melaksanakan protokol kesehatan. Pihaknya sangat mengapresiasi kegiatan Bimtek CHSE yang diselenggarakan Kemenparekraf RI dalam upaya menyelamatkan keberlangsungan sektor pariwisata di masa pandemi covid-19.

“Kami sangat mengapresiasi perhatian dari Kemenparekraf yang telah memberikan Bimtek Penerapan Protokol Kesehatan Berbasis CHSE di Kabupaten Blitar saat ini. Bimtek ini sangat penting bagi para pelaku maupun pengelola pariwisata sebagai tambahan ilmu dalam memberikan pelayanan pariwisata di masa pendemi Covid 19. Kami yakin dan percaya, destinasi wisata yang mampu menyajikan pelayanan yang berbasis CHSE ini akan mempunyai daya saing yang tinggi dan semakin diminati,” tuntasnya.

Happy
Happy
0 %
Sad
Sad
0 %
Excited
Excited
0 %
Sleepy
Sleepy
0 %
Angry
Angry
0 %
Surprise
Surprise
0 %
Follow by Email
Facebook
Twitter