Skip to content
You are here
Home > Berita > Lewat Program OVOP, Mak Rini Kenalkan Potensi Wisata dan UMKM Kreatif di Kecamatan Panggungrejo

Lewat Program OVOP, Mak Rini Kenalkan Potensi Wisata dan UMKM Kreatif di Kecamatan Panggungrejo

BLITAR – Bupati Blitar Rini Syarifah terus menggalakkan program One Village One Product (OVOP) untuk mengenalkan berbagai potensi yang ada di desa-desa di Kabupaten Blitar.

Kali ini Bupati yang akrab disapa Mak Rini itu mengenalkan potensi wisata dan produk ekonomi kreatif yang ada di Desa Sumberagung dan Desa Panggungrejo di Kecamatan Panggungrejo, Kabupaten Blitar, Kamis (7/72022).

Seperti diketahui, Desa Sumberagung merupakan salah satu desa yang terkenal dengan potensi unggulan UMKM Kreatif sentra Jenang Jowo. Jenang jowo yang diproduksi oleh masyarakat Desa Sumberagung banyak dipesan untuk acara-acara hajatan maupun oleh-oleh tradisional.

Selain itu, Desa Sumberagung juga memiliki berbagai berbagai olahan UMKM seperti, tiwul ampok instan, aneka keripik dan juga potensi wisata Taman Keanekaragaman Hayati (Taman Kehati) sebagai taman dan ruang terbuka hijau yang dikembangkan di tanah kas desa.

Sedangkan Desa Panggungrejo sendiri memiliki potensi wisata Air Terjun Bidadari. Dinamakan Air Terjun Bidadari karena ketika siang hingga sore pancaran sinar matahari yang mengenai air terjun menghasilkan biasan warna pelangi di sekitar air terjun. Pelangi yang identik dengan bidadari menjadikan air terjun ini diberi nama Air Terjun Bidadari.

“Kali ini kita melakukan sambang desa di Desa Sumberagung dan Desa Panggungrejo di Kecamatan Panggungrejo. Kita lihat ada banyak potensi unggulan yang dapat dikembangkan, seperti di Desa Sumberagung tadi kita lihat ada UMKM Kreatif Jenang Jowo yang dapat dikembangkan menjadi wisata edukasi. Disana juga ada rintisan taman wisata Taman Kehati. Lalu di Desa Panggungrejo ternyata ada potensi wisata 3 air terjun, salah satunya Air Terjun Bidadari yang kita kunjungi ini,” kata Bupati Mak Rini.

Menurutnya, potensi tersebut harus terus dikembangkan dan dipromosikan untuk mengangkat perekonomian masyarakat. Dalam kesempatan tersebut Mak Rini juga melakukan dialog langsung dengan masyarakat untuk memberikan solusi permasalahan yang dihadapi para pelaku UMKM maupun kelompok sadar wisata.

“Sentra Jenang Jowo di Desa Sumberagung dan Air Terjun Bidadari di Panggungrejo ini cocok dikembangkan menjadi sebuah paket wisata yang nantinya diharapkan bisa menjadi destinasi unggulan. Potensi ini cocok untuk menarik wisatawan karena lokasinya searah dengan destinasi wisata Pantai Serang,” urainya.