0 0

Masuk 50 Besar ADWI 2021, Disbudpar Jatim Beri Penguatan Desa Wisata Serang

Read Time:3 Minute, 3 Second
Anugerah Desa Wisata 2021
Sumber : @amazingblitar_landofkings

Desa Wisata Serang, Kecamatan Panggungrejo, Kabupaten Blitar, Jawa Timur lolos dalam 50 besar Anugerah Desa Wisata Indonesia (ADWI) 2021.

Desa Wisata Serang tercatat menjadi salah satu perwakilan Jawa Timur yang terpilih dalam 50 Besar Desa Wisata Terbaik ADWI 2021 berdasarkan hasil kurasi para kurator dan dewan juri, yang diiniasi oleh Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) Republik Indonesia (RI).

Prestasi tersebut sangat diapresiasi oleh Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jawa Timur dengan tinjauan langsung dari Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Jatim dalam rangka Penguatan di Desa Wisata Serang, Kecamatan Panggungrejo, Kabupaten Blitar, Minggu (29/8/2021). Hadir dalam kegiatan tersebut Kepala Disbudpar Jatim, Sinarto, Kepala Dinas Parbudpora Kabupaten Blitar, Suhendro Winarso dan juga Anggota Komisi III DPRD Kabupaten Blitar, Adib Zamhari.

Kadisbudpar Jatim, Sinarto mengatakan, pihaknya sangat mengapresiasi prestasi Desa Wisata Serang bisa masuk 50 besar ADWI 2021 yang diselenggarakan oleh Kemenparekraf RI. Kami dari Provinsi datang ingin melakukan penguatan dan pendampingan, berkolaborasi dengan yang dipilih oleh pemerintah pusat.

“Ibu Gubernur sangat mengapresiasi Desa Wisata Serang sehingga menyampaikan terimakasih pada Ibu Bupati Blitar, DPRD Kabupaten Blitar termasuk dinasnya harus melakukan kolaborasi penguatan dan pendampingan. Jadi dari 1.831 desa wisata diambil 50 besar dan ternyata Desa Wisata Serang masuk. ini satu keuntungan yang bisa kita lakukan untuk mendorong potensi Desa Serang menjadi Desa Wisata yang baik tidak hanya sekelas Kabupaten dan Provinsi tapi sekelas Nasional,” ungkapnya.

Sinarto menambahkan, ADWI 2021 ini merupakan sebuah kompetisi global, ada beberapa hal yang harus dilakukan untuk memenuhi persyaratan dari pemerintah pusat atau Kemenparekraf. Mulai dari digitalisasi informasi, penanganan konten kreatif, produk ekrafnya yang bisa dipasarkan di Desa Wisata ini, selanjutnya untuk amenitas mulai toilet, homestay dan sebagainya ini menjadi satu tugas penting dan mesti bisa dilakukan dengan kolaborasi.

“Kami dari Pemerintah Provinsi, Pemerintah Kabupaten, lalu pemerintah Desa menyatu untuk melakukan penguatan bersama. Insyaallah persoalan menang dan kalah itu juri yang menentukan, tapi semangat membangun desa wisata yang nanti akan mengimbas pada penguatan ekonomi tetap kita lakukan secara baik,” tambahnya.

Menambahkan hal itu, Kepala Dinas Parbudpora Kabupaten Blitar Suhendro Winarso mengatakan, target awal Pemkab Blitar dalam Anugerah Desa Wisata Indonesia 2021 ini sebenarnya 50 besar, akan tetapi ternyata ada petunjuk baru akan diambil 10 besar. Oleh karena itu, perlu adanya dukungan dan penguatan untuk Desa Wisata Serang.

“Disini pemerintah hadir, kita terus bersinergi dan bekerja sama dengan Desa Wisata Serang. Dan tentu nanti dari petunjuk pimpinan yakni Ibu Bupati Blitar kita akan back up apa yang masih kurang untuk menunjang penilaian 10 besar nantinya kita akan mintakan batuan kepada OPD terkait untuk mencukupi kekurangan yang ada,” paparnya.

Suhendro berharap, dengan masuknya Desa Wisata Serang dalam 50 besar Anugerah Desa Wisata Indonesia 2021 ini bisa menjadi semangat kebangkitan dunia pariwisata di Kabupaten Blitar.

“Harapannya, dengan prestasi Desa Serang ini bisa menjadi sedikit obat bagi dunia pariwisata yang terpukul akibat pandemi Covid-19. Lebih lanjut nantinya semangat tersebut bisa menjadi batu loncatan persiapan recovery pariwisata di Kabupaten Blitar,” jelasnya.

Sementara itu, Kepala Desa Serang, Dwi Handoko mengungkapkan, masyarakat Desa Serang mengaku bahagia dan bangga atas pencapaian tersebut. Menurutnya prestasi ini bukan tujuan utama akan tetapi merupakan awal untuk memacu dan mengembangkan Desa Wisata Serang ke arah yang lebih baik lagi.

“Alhamdulillah tahun ini Desa Wisata Serang dapat masuk 50 Besar Anugerah Desa Wisata Indonesia dan ini merupakan prestasi yang luar biasa. Kami tidak menyangka bisa diapresiasi oleh Kemenparekraf untuk masuk 50 besar. Tentu ini juga menjadi tanggung jawab bagi kami untuk menjaga keberlanjutan Desa Wisata Serang. Dengan adanya ADWI 2021 ini bukanlah sebuah puncak dari pekerjaan pariwisata tetapi merupakan permulaan bahwa Serang yang dulu istilahnya tidak begitu dikenal, sekarang Desa Wisata Serang bisa dikenal ditingkat nasional,” tuntasnya.

Happy
Happy
0 %
Sad
Sad
0 %
Excited
Excited
0 %
Sleepy
Sleepy
0 %
Angry
Angry
0 %
Surprise
Surprise
0 %
Follow by Email
Facebook
Twitter