0 0

Pemkab Blitar Akan Gelar Sendratari Kresnayana 3 Secara Virtual

Read Time:1 Minute, 45 Second

Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Blitar kembali menggelar pagelaran kesenian Sendratari Kresnayana 3. Dengan mengangkat lakon “Kresna Gugah” dengan tajuk Nggayuh Lintang Nggegem Rembulan, Sendratari ini akan disiarkan langsung melalui Channel YouTube Pemkab Blitar pada, Sabtu (3/4/2021) malam pukul 20.00 WIB.

Pagelaran Sendratari Kresnayana merupakan inisiasi dari Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jawa Timur yang bekerjasama dengan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Blitar melalui Dinas Pariwisata Kebudayaan Kepemudaan dan Olahraga (Disparbudpora) Kabupaten Blitar.

Pagelaran Kresnayana merupakan pagelaran sendratari yang mengangkat kisah Kresnayana yang terinspirasi dari relief Candi Penataran dengan menyampaikan sikap kepemimpinan dari sosok Sri Kresna sebagai pembawa pesan kedamaian dunia.

Kepala Dinas Parbudpora Kabupaten Blitar Suhendro Winarso mengatakan, Pagelaran Kresnayana kali ini sengaja dilaksanakan secara terbatas dan tertutup. Karena kondisi pandemi Covid-19 belum berakhir dan tidak memungkinkan mengundang masyarakat untuk menyaksikan secara langsung. Untuk itu, Pemkab Blitar menyediakan siaran live streaming melalui YouTube.

“Karena kondisi pandemi Covid-19 ini belum berakhir, jadi kita tetap mengacu pada SE Gubernur dan SE Bupati Blitar bahwa kegiatan seni event seni budaya sudah bisa dilaksanakan dengan event tertutup maka kita tidak publikasi dimana tempat itu digelar tapi yang penting kita berharap masyarakat bisa menikmati sajian ini sebagai agenda event dari Blitar yang sudah tercatat menjadi budaya di Jawa Timur Blitar,” katanya.

Dia berharap sajian Kresnayana kali ini berjalan dengan lancar, sehingga bisa menjadi sarana edukasi sejarah dan kebudayaan serta pengobat kerinduan masyarakat terhadap event-event kebudayaan di Kabupaten Blitar.

“Karena memang situasi kami belum bisa menggelar kegiatan secara terbuka dan mengundang massa. Tapi dengan teknologi ada saat ini melalui live streaming YouTube, saya kira masyarakat masih bisa menyaksikan bersama-sama cerita yang melegenda ini yang tentu di dalamnya mengandung nilai-nilai serta membawa pesan moral tentang kehidupan yang luar biasa,” tukasnya.

Sekedar diketahui bahwa Pagelaran Kresnayana 3 kali ini mengangkat lakon Kresna Gugah” dengan tajuk Nggayuh Lintang Nggegem Rembulan bercerita tentang upaya Kresna dalam mendamaikan pihak Pandawa dan Kurawa dalam perang besar Baratayudha. Upaya Pandawa dan Kurawa “nggugah” Kresna dari tapa bratanya akan diulas lengkap live di Channel YouTube Pemkab Blitar pada, Sabtu (3/4/2021) malam pukul 20.00 WIB.

Happy
Happy
0 %
Sad
Sad
0 %
Excited
Excited
0 %
Sleepy
Sleepy
0 %
Angry
Angry
0 %
Surprise
Surprise
0 %
Follow by Email
Facebook
Twitter