Skip to content
You are here
Home > Berita > Rangkaian Hari Jadi Blitar 698, Pemkab Blitar Ziarah ke Makam-makam Leluhur

Rangkaian Hari Jadi Blitar 698, Pemkab Blitar Ziarah ke Makam-makam Leluhur

BLITAR – Dalam rangka menyambut Hari Jadi Kabupaten Blitar ke 698, sejumlah agenda kegiatan dilaksanakan oleh Pemkab Blitar. Salah satunya yakni berziarah ke Makam-makam Leluhur, Rabu (3/8/2022).

Kegiatan ini dipimpin langsung oleh Bupati Blitar Rini Syarifah bersama Wakil Bupati Blitar Rahmat Santoso, turut hadir mengikuti rangkaian kegiatan tersebut Ketua DPRD Kabupaten Blitar, Dandim 0808 Blitar, Kapolres Blitar dan juga jajaran Kepala OPD Kabupaten Blitar.

Ziarah makam leluhur dilaksanakan di 4 lokasi yakni, makam Adipati Ariyo Blitar, makam petilasan Syech Subakir Penataran, makam Bung Karno dan komplek makam Pangeranan.

“Hari ini agenda ziarah ke makam-makam leluhur pertama tadi ke Makam Adipati Ario Blitar, kedua makam petilasan Syech Subakir Penataran, makam Bung Karno dan komplek makam Pangeranan,” kata Bupati.

Bupati perempuan pertama di Kabupaten Blitar ini mengatakan, ziarah makam leluhur merupakan agenda rutin yang dilaksanakan Pemkab Blitar jelang perayaan Hari Jadi Blitar. Ziarah ini sebagai bentuk penghormatan kepada leluhur dan tokoh-tokoh pendahulu Kabupaten Blitar.

“Ziarah Makam Leluhur ini adalah salah satu rangkaian kegiatan Hari Jadi Blitar, acara seperti ini sudah menjadi tradisi sejak lama dan ini adalah bukti bahwa kita menghargai jasa-jasa para pendahulu Kabupaten Blitar,” kata Bupati yang akrab disapa Mak Rini.

Lebih lanjut, Mak Rini menambahkan bahwa semangat peringatan Hari Jadi Blitar yang ke 698 ini diharapkan menjadi titik balik kebangkitan Kabupaten Blitar yang lebih mau dan sejahtera.

“Hari Jadi Blitar ke 698 ini diharapkan menjadi penyemangat bagi kita semua untuk bangkit dan terus menatap kedepan bagaimana ekonomi kita harus segera tertata dan pulih Kembal. Kita ketahui Bersama pandemi ini sudah dua tahun tidak bisa kemana-mama dan sekarang mulai dilonggarkan dan kegiatan sudah mulai aktivitas seperti biasa,” urai Bupati.

Sekedar diketahui, bahwa peringatan hari Jadi Blitar ke 698 ini diisi dengan berbagai rangkaian acara, mulai event-event lomba dan festival hingga acara inti yakni Ziarah Makam Leluhur, Bedol Pusoko, Malam Tirakatan, Pisoawanan Ageng, Malam Resepsi Hari Jadi Blitar 698 Pagelaran Wayang Kulit dan juga Festival Kresnayana.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.