0 0

Siap Bangkit Pasca Pandemi, Forum Pokdarwis Kabupaten Blitar Gelar Rembuk Wisata

Read Time:1 Minute, 51 Second

Tekat untuk memajukan serta mengembangkan potensi wisata di Kabupaten Blitar terus digalakkan oleh Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) Kabupaten Blitar. Hal itu, yang menjadi komitmen para pelaku usaha pariwisata yang tergabung dalam Forum Pokdarwis Kabupaten Blitar saat kegiatan rutin rembuk wisata di Wisata Poselo, Desa Popoh, Kecamatan Selopuro, Kabupaten Blitar, Rabu (24/3/2021).

Hadir dan membuka kegiatan tersebut Kepala Dinas Pariwisata Kebudayaan Pemuda dan Olahraga (Disparbudpora) Kabupaten Blitar, Suhendro Winarso S.STP, M.Si, Wakil Ketua DPRD Kabupaten Blitar, Susi Narulita Kumala Dewi S.IP. Bertindak sebagai pemateri Ketua Forum Pokdarwis Jawa Timur Muhammad Purnomo Anshori dan Dosen Fakultas Ilmu Administrasi Universitas Universitas Brawijaya Malang Dr. Rer. Pol Rommy Hermawan, S.Sos, M.AP.

 

Ketua Forum Pokdarwis Kabupaten Blitar, Andreas Puguh Maeroso mengatakan, kegiatan rutin Rembuk wisata ini merupakan agenda rutin tiga bulan sekali pengurus dan anggota Pokdarwis serta para pelaku usaha pariwisata se Kabupaten Blitar.

 

Dalam Sambutannya, Kepala Dinas Parbudpora Kabupaten Blitar, Suhendro Winarso mengatakan, sektor wisata berbasis masyarakat diprediksi akan pulih dengan cepat pasca pandemi Covid-19 telah berlalu. Menurutnya, saat ini merupakan kebutuhan bagi masyarakat selain kebutuhan pokok lainnya.

 

“Dalam kondisi pandemi, pelaku wisata sama sama merasakan, bahwa sektor wisata adalah sektor yang sangat berdampak. Oleh karena itu, berharap komunikasi dan kordinasi yang selama ini sudah terjalin dengan baik antara pemerintah dan dunia wisata bisa ditingkatkan. Pembinaan rutin ini untuk menambah wawasan, jejaring dan juga refresh untuk bersiap. Karena kami yakin pandemi akan berlalu dan kita harus bangkit recovery dunia wisata di kabupaten Blitar,” jelasnya.

 

Selain itu, Suhendro sampaikan bahwa beberapa destinasi wisata di Kabupaten Blitar sudah mendapatkan sertifikasi CHSE (Cleanliness , Health, Safety, and Environmental Sustainability) dari Kementerian Pariwisata. CHSE merupakan syarat penting dibukanya wisata saat pandemi.

 

“Saling menyemangati, tetap bersiap pada saatnya kita akan melakukan recovery pariwisata. Kita bersama untuk membawa Blitar menjadi kabupaten dengan basis wisata nya bisa diunggulkan,” urai Suhendro.

 

Selanjutnya, Suhendro megimbau Pokdarwis untuk menyiapkan destinasi sesuai standar CHSE. Sehingga mereka bisa meyakinkan publik bahwa Kabupaten Blitar merupakan daerah wisata yang siap menjalankan protokol kesehatan dan aman bagi pengunjung.

 

“Dan pada saatnya nanti kami berharap semua orang, kalau Covid 19 telah berlalu, tidak ragu ragu untuk datang ke destinasi yang ada di Blitar,” ulas Suhendro Winarso.

Happy
Happy
0 %
Sad
Sad
0 %
Excited
Excited
0 %
Sleepy
Sleepy
0 %
Angry
Angry
0 %
Surprise
Surprise
0 %
Follow by Email
Facebook
Twitter